Analisis Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse

Authors

  • Ardha Adhi Duta Bayu Pratama Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Ika Ari Pratiwi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Diana Ermawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1753

Abstract

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan game online terhadap interaksi sosial siswa di SDN Langse. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Langse Kota Pati. Sumber data primer pada penelitian ini yakni 5 orang tua dan 5 siswa, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi, catatan penelitian, buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengacu kepada konsep dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Realitas penggunaan game online rata-rata sudah bermain gadget, terutama siswa laki-laki menggunakannya untuk bermain game online; (2) Dampak game online terhadap interaksi sosial siswa memiliki dampak positif dan negatif; (3) Tindak lanjut yang diberikan yaitu dengan membatasi siswa bermain gadget, lebih tegas dalam mengambil keputusan kepada siswa yang masih bandel membawa gadget, memberikan edukasi kepada siswa bahwa penting berinteraksi dengan yang lainnya.

Published

2023-06-02

How to Cite

Pratama, A. A. D. B., Pratiwi, I. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4142-4148. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1753