Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Authors

  • Makawiyah
  • Zuraida Universitas Jabal Ghafur

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kembang Tanjong pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian menggunakan desain one group pre-test post-test yang
dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Kembang Tanjong kelas X MIPA3 berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode (1) pengamatan, (2) tes hasil belajar dan (3) dokumentasi serta (4) serta angket respon siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Mengunakan instrumen penelitian berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lember Kerja Siswa (LKS) dan tes hasil belajar berupa soal tes. Tahapan model inkuiri dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari orientasi masalah, merumus masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dengan mengalisis data serta membuat kesimpulan. Berdasarkan tahapan tersebut model inkuiri memiliki kesesuaian dengan materi keanekaragaman hayati. Hasil belajar setelah penerapan model Inkuiri pada materi keaneragaman
Hayati terjadi peningkatan dengan peroleh N-gain tinggi serta kendala yang ditemukan penelitian sudah dicari alternatif solusi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri pada materi keanekaragaman hayati pada SMA Negeri 1 Kembang Tanjong dapat meningkatkan Hasil Belajar.

Published

2020-10-04

How to Cite

Makawiyah, & Zuraida. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kembang Tanjong Pada Materi Keanekaragaman Hayati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 642-648. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/176