Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli, Setia dan Partisipasi pada Aktivitas Pemasaran Media Sosial yang Memediasi Kualitas Hubungan Produk Wardah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1782Abstract
Pengaruh aktifitas pemasaran media sosial sangat berpengaruh terhadap intensi belanja di Indonesia. Aktifitas pemasaran media sosial pada kosmetik Wardah belum banyak dilakukan, sehingga penelitian ini berfokus pada produk kosmetik Wardah dengan menganalisis pengaruh aktifitas pemasaran media sosial terhadap intensi belanja masyarakat Indonesia selama masa setelah pandemik. Tujuan dari penelitian ini untuk mempengaruhi aktivitas pemasaran media sosial dan pengalaman pelanggan terhadap niat beli, setia dan partisipasi melalui kualitas hubungan dalam perdagangan sosial. Populasi penelitian ini adalah semua pelanggan yang melakukan pembelian produk Wardah di Jakarta Utara. Teknik purposive sampling dengan responden rentang usia tidak batasi. Analisis data menggunakan teknik purposive sampling dengan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS). Berdasarkan hasil pengujian dapat di ketahui bahwa program pemasaran yang di lakukan oleh Wardah terbukti dapat membuat kualitas hubungan antara brand Wardah dengan konsumen memiliki keterikatan yang baik. Keterikatan tersebut disebabkan oleh komunikasi pemasaran yang menggunakan aktivitas pemasaran media sosial secara tepat. Kesimpulan ini menunjukan bahwa aktivitas pemasaran media sosial dapat membentuk kualitas hubungan yang baik antara brand Wardah dengan konsumen Wardah.