Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan pada Air Minum Isi Ulang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1796Abstract
Untuk meningkatkan minat beli ulang terhadap produk air minum isi ulang harus didorong oleh beberapa faktor seperti manfaat yang dirasakan, kepercayaan pembeli dan sikap pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kepercayaan terhadap minat beli ulang, serta mengetahui peran kepuasan dalam memediasi persepsi manfaat dan persepsi kepercayaan terhadap minat beli ulang. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 155 orang yang merupakan konsumen air minum isi ulang di wilayah Duri Kepa, yang telah melakukan pembelian lebih dari 2 galon dalam satu bulan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, yaitu Partial Least Squares Structural Equation Model. Berdasarkan hasil pengujian dinyatakan bahwa untuk menarik minat beli ulang yang tinggi harus membuktikan kemananan dan kebersihan produk agar menciptakan kepercayaan serta memberikan kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan terhadap suatu produk dapat menimbulkan rasa ingin membeli ulang. Untuk penelitian selanjutnya para peneliti dapat memperluas penelitian atas demografi lokasi penelitian di Indonesia.