Pengaruh Fraud Diamond dan Penerapan Tri Pantangan Tamansiswa terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1805Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Selain itu proses pendidikan juga mempunyai andil yang sangat besar pada perkembangan fisik, mental, etika, dan seluruh aspek kehidupan manusia. Perkembangan tidak akan berjalan dengan baik dan lancar jika terdapat kecurangan akademik dalam proses pendidikan. Perilaku kecurangan akademik didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan keberhasilan dengan cara yang tidak jujur dan dilakukan dengan sengaja dan secara sadar. Perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, dan penerapan tri pantangan tamansiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fraud diamond, dan penerapan tri pantangan tamansiswa terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dengan teknik convenience sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner berupa link google form melalui whatsapp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan dan kemampuan berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, sedangkan kesempatan, rasionalisasi, dan penerapan tri pantangan tamansiswa tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik.