Analisis Meta dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1809Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui seberapa jauh siswa mengikuti suatu instruksi dalam pembelajaran matematika, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam memecahkan masalah matematika. Seringkali siswa memecahkan masalah matematika tanpa menyadari apa yang mereka lakukan, mengapa mereka melakukannya, dan bahkan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tugas tersebut. Sedangkan untuk memecahkan suatu masalah, seseorang harus memiliki kemampuan metakognitif yang baik. Melalui Google Scholar, dan Sinta, penulis memperoleh 19 artikel jurnal dan prosiding yang membahas pendekatan metakognitif dalam pembelajaran matematika, sehingga perlu dilakukan analisis kumpulan kajian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan metakognitif dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan desain penelitian meta-analisis. Dari seluruh artikel yang penulis peroleh, terdapat 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis menggunakan aplikasi Comprehensive Meta-mar agar diperoleh kombinasi efek size yang besar. Berdasarkan interpretasi ukuran efek gabungan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan metakognitif secara keseluruhan dalam pembelajaran matematika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.