Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning pada Pembelajaran PAI Kurikulum 2013 di SMP 35 Medan

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Baron Lesmana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Leni Erlina Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Restu Audy Azhari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1830

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang strategi pembelajaran kooperatif learning Dalam rangka mengetahui bagaimana pembelajaran kooperatif dimasukkan ke dalam kurikulum 2013 di SMP Negri 35 Medan, penelitian ini akan menganalisis metodologi pembelajaran kooperatif dalam strategi pembelajaran PAI. Menurut metodologi penelitian kualitatif ini cenderung menggunakan analisis tetapi juga menggabungkan data yang sudah ada berdasarkan pengembangan, dapat disimpulkan bahwa siswa memerlukan pembelajaran kooperatif tidak hanya untuk melibatkan mereka dalam diskusi tentang pelajaran saat ini tetapi juga untuk memecahkan masalah belajar bersama, memungkinkan mereka untuk berpikir lebih bebas, meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan memberi mereka kesempatan untuk bereksperimen sehingga mereka lebih giat belajar, maka dari itu harus adanya persaingan di kelas sehingga semua anggota kelompok dapat menguasai materi uh7pelajaran dengan baik Hal ini membuktikan bahwa Dari proses kelompok dapat diketahui anggota kelompok mana yang sangat membantu dan tidak membantu, Karena dapat dilihat dari urutan dan tahapan kegiatan kelompok. Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai hasil belajar dalam bentuk presentasi akademik, toleransi menerima keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial.

Published

2023-04-01

How to Cite

Neliwati, N., Lesmana, B., Sari, L. E., & Azhari, R. A. (2023). Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning pada Pembelajaran PAI Kurikulum 2013 di SMP 35 Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2364-2369. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1830