Profesioalisme Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMPN 5 Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1831Abstract
Artikel ini dibuat dengan berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan guru professional dan mencari informasi tentang upaya guru Sekolah Menengah Pertama dalam mengembangkan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kemudian artikel ini memiliki tujuan untuk menjelaskan tentang guru yang professional serta mencari informasi mengenai upaya-upaya guru SMP dalam menerapkan kurikulum berbasis kurikulum 2013 dengan menggunakan suatu pendekatan kualitatif. Implementasi K13 menuntut kesiapan guru dalam kemampuan profesionalnya. Dari hasil analisis terhadap hasil-hasil pendidikan serta penilaian terhadap kompetensi guru (UKG) terutama kompetensi pendagogik dan kompetensi profesionalisme, terlihat bahwa guru di Indinesia belum siap menerapkan K13 secara efektif. Karena itu, program peningkatan profesionalisme guru secara berkelanjutan merupakan salah satu cara untuk membuat guru semakin siap dalam menerapkan K13 dalam melaksanakan proses pembelajarannya. Artikel ini mengkaji 2 hal penting yang diantaranya yaitu: karakteristik K13 dan kesiapan guru terutama kemampuan profesionalnya dalam menerapkan K13.