Hubungan Kompetensi Sosial Guru dengan Perkembangan Karakter Siswa di MIS Takmiliyah Tuamang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1838Abstract
Kompetensi sosial guru merupakan peranan penting dalam proses pembelajaran terkhusus pada perkembangan siswa, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hubungan kompetensi sosial guru dengan perkembangan karakter siswa di MIS Takmiliyah Tuamang. Penelitian ini dilaksanakan di Mis Takmiliyah Tuamang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, mengumpulkan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi sosial guru di MIS Takmiliyah Tuamang saling berinteraksi satu sama lain dengan baik bersama guru mereka tidak membedakan meski terdapat perbedaan profesi. Akan tetapi kompetensi sosial guru terhadap peserta didik kategori cukup. Karena guru MIS Takmiliyah Tuamang masih banyak yang acuh tak acuh dalam proses pembelajaran terhadap siswanya. Ini artinya kompetensi sosial guru mempunyai hubungan yang kuat dengan guru-guru dan juga wali murid/masyarakat lainnya, akan tetapi kurang baik dalam berinteraksi terhadap peserta didik dalam pembelajaran.