Implementasi Model SIUUL untuk Mengembangkan Kecakapan Berpidato

Authors

  • Magfiroh Andraeni Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Yogga Hadi Sutisna Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Anisa Rahma Desi Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1844

Abstract

Memiliki strategi image yang baik adalah suatu hal yang harus dilakukan. Brand berarti gambaran positif yang melekat di masyarakat sehingga perusahaan atau lembaga selalu di ingat dalam jangka yang panjang. Sama halnya dengan perguruan tinggi di tuntut memiliki image yang positif memiliki keunggulan di banding dengan lainnya, untuk keberhasilan mutu kualitas serta lulusan yang dapat di terima bekerja di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing lulusan prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya menjadi guru kelas baik di SD/MI/SDI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, studi kepustakaan dan teknik analisis data model interaktif. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi brand image program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam meningkatkan daya saing lulusan di pengaruhi beberapa faktor yaitu: membangun brand awareness, peran pemimpin, tawaran beasiswa, sosial media marketing, kurikulum, kegiatan unggulan, kerjasama dengan berbagai mitra dan stakeholder. Dari faktor tersebut berdampak dengan dikenalnya prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan meningkatnya jumlah mahasiswa.

Published

2023-04-01

How to Cite

Andraeni, M., Sutisna, Y. H., Desi, A. R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL untuk Mengembangkan Kecakapan Berpidato. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2330-2335. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1844