Pola Asuh Orangtua dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Yayuk Winarsih Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lelly Lenny Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Ni Putu Ari Dessy Ari Susanti Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Septiyani Endang Yunitasari Program Pascasarjana, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1849

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi siswa TKIT Bunga Mufiidah yang mengalami keterlambatan bicara dan bahasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan pola asuh yang dapat meningkatkan perkembangan bicara dan bahasa anak dari pola asuh orangtua yang permisif dan pola asuh orangtua yang demokratis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis dapat meningkatkan perbendaharaan kosa kata/bahasa anak, sehingga anak mampu berbicara dan berkomunikasi sederhana dengan teman sebayanya, gurunya, dan orangtua di rumah.

Published

2023-04-02

How to Cite

Winarsih, Y., Lenny, L., Susanti, N. P. A. D. A., & Yunitasari, S. E. (2023). Pola Asuh Orangtua dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2481-2485. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1849