Implementasi Permainan Puzzle terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hija’iyah pada Murid Cerebra Palsy Tipe Spastik Kelas V D di SLB Negeri 2 Jeneponto
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1856Abstract
Penelitian membahas mengenai rendahnya kemampuan melafalkan huruf hija'iyyah siswa cerebral palsy kelas V pada mapel pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan membaca huruf hija'iyyah pada kondisi awal 1 (A1); (2) Kemampuan membaca huruf Hijayah pada fase intervensi (B); (3) Kemampuan membaca huruf hijaiyah setelah diberi perlakuan (A2); (4) Pengaruh penerapan bermain puzzle hijaiyah terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa cerebral palsy kelas V di SLB Negeri 2 Jeneponto. Teknik perolehan data yang digunakan adalah tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas V cerebral palsy berinisial MF. kuantitatif merupakan pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini, jenis penelitian ini menggnakankan Single Subject Research (SSR), desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan membaca huruf Hija'iyah sangat kurang pada siswa kelas V spastic cerebral palsy Baseline 1 (A1). (2) Kemampuan membaca huruf Hija'iyah siswa penderita spastic cerebral palsy tipe V selama permainan puzzle meningkat menjadi baik. (3) Kemampuan membaca huruf hija'iyah meningkat setelah diberi puzzle pada siswa penderita cerebral palsy spastik tipe V dibandingkan sebelum diberi perlakuan. (4) Kemampuan membaca huruf hija iyah siswa cedera otak kejang, berdasarkan hasil analisis penyakit silang yaitu pada keadaan basic 1 (A1), kemampuan siswa cerebral palsy meningkat menjadi kategori baik. Artinya bermain puzzle hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada siswa cerebral palsy.