Pengaruh Content Marketing dan Price Discount terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Bandung)

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1857

Abstract

Tokopedia adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2022 dengan rata-rata pengunjung mencapai 158,3 juta. Tetapi menurut hasil survei Ipsos mengatakan bahwa 98% masyarakat yang berbelanja online lebih sering menggunakan aplikasi e-commerce melalui smartphone ataupun tablet. Jika melihat dari peringkat dalam PlayStore dan juga AppStore Tokopedia masih berada di bawah pesaingnya yaitu Shopee. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh content marketing dan price discount terhadap keputusan pembelian. Responden pada penelitian ini yaitu masyarakat kota Bandung yang pernah menggunakan aplikasi Tokopedia sebanyak 100 responden, data ini didapat dengan menggunakan teknik non probalility sampling. Data tersebut di analisis dengan teknik analisis regresi berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa marketing konten dan diskon harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published

2023-04-01

How to Cite

Pengaruh Content Marketing dan Price Discount terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Bandung). (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2252-2258. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1857