Kuliah Kerja Nyata Internasional 2022 di Bamrungsuksa Islamic Boarding School dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur’an

Authors

  • Miss Diana Laewang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurman Ginting Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1865

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat isalam dan merupakan sumber segala ilmu pengetahuan yang dijadikan landasan umat islam, segala sumber ilmu pengetahuan diambil dari dalil-dalil yang ada dalam Al-Qur’an. Bamrungsuksa Islamic Boarding school sebagai lembaga pendidikan yang melaksanakan program wajib atas siswa muslim yakni mampu memmbaca Al-Qur’an. Bamrungsuksa Islamic Boarding School melalui guru pendidikan agama islam melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an, guru PAI memiliki peran dan tanggung jawab akan hal tersebut yang bertugas membina dan memantau perkembangan anak didiknya dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa dan mengidentifikasi kesulitan pembelajaran Al-Qur’an dan upaya mengatasinya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an tidak terlepas dari peran guru PAI yaitu sebagai acuan siswa dan demonstrator, atau pengelola kelas, media/fasilitator, evaluator dalam mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan secara bertahap, tahap 1 IQRA’, tahap 2 QUR’AN, dan tahap 3 TAFHIMUL QUR’AN. Kesulitan-kesulitannya adalah beragamnya kemampuan siswa yang berbedabeda, keluarga yang tidak mendukung, kurangnya kesadaran siswa dan keterbatasan jam pelajaran dan upaya mengatasinya melalui tujuan pembelajaran, materi pembelajaran siswa, guru-guru PAI, strategi/metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi.

Published

2023-04-01

How to Cite

Laewang, M. D., & Ginting, N. (2023). Kuliah Kerja Nyata Internasional 2022 di Bamrungsuksa Islamic Boarding School dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur’an. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2233-2237. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1865