Analisis Brand Equity terhadap Customer Loyalty pada SPBU di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1872Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk membandingkan ekuitas merek, dan loyalitas pelanggan pada perusahaan Pertamina dan Shell di wilayah Jakarta. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan metode purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Regresi linier dan Independent Sample T Test menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) brand awareness Pertamina tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan shell diterima Artinya brand awareness berpengaruh loyalitas pelanggan (2) asosiasi merek Pertamina berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan asosiasi merek cangkang ditolak tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (3) persepsi kualitas Pertamina tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan persepsi kualitas Shell diterima Shell berpengaruh pada loyalitas pelanggan (4) loyalitas merek Pertamina berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sedangkan loyalitas merek shell mempengaruhi loyalitas pelanggan (5) Sebagai perbandingan, ekuitas merek Shell lebih unggul dari Pertamina (6) dibandingkan Loyalitas Pelanggan Shell lebih unggul dari Pertamina.