Studi Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1878Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang dialami siswa kelas V. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Soal cerita dianggap sebagai salah satu tugas yang sulit dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang dialami siswa kelas V yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan keterampilan aritmatika, dan kesulitan mengubah kalimat menjadi bentuk model matematika. Penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika meliputi minat siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah, motivasi belajar rendah, keterbatasan penggunaan media pembelajaran, dan strategi pembelajaran kurang bervariasi, kurang memahami konsep, kurang dalam mengusai keterampilan aritmatika, serta kurang dalam pemahaman bahasa matematika.