Implementasi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 3 Prabumulih

Authors

  • Mardiana Mardiana SMA N 3 Prabumulih, Indonesia
  • Happy Fitria Program Studi Manajemen Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Andi Rahman Program Studi Manajemen Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai implementasi kepemimpinan dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 3 Prabumulih. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dari  kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepala sekolah sebagai Edukator, Manajer, Advisor, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator. Prestasi siswa SMA Negeri 3 Prabumulih dapat dibuktikan dengan prestasi siswa yang diperoleh dibidang akademik dimana peserta didik mampu melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Kedinasan, Universitas Negeri, Politeknik maupun Universitas Swasta. Prestasi bidang non akademik juga mampu memperoleh prestasinya baik ditingkat kota, provinsi maupun nasional.

Published

2023-04-02

How to Cite

Mardiana, M., Fitria, H., & Rahman, A. (2023). Implementasi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 3 Prabumulih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2563-2571. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1882