Penggunaan Media Magic Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin

Authors

  • Sanca Zalviardi Pendidikan Dasar Universitas Jambi, Indonesia
  • Nazurty Nazurty Pendidikan Dasar Universitas Jambi, Indonesia
  • Eddy Haryanto Pendidikan Dasar Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui media magic book pada kelas II A di Madrasah IbtidaiyahNurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas II A di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media magic book dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Berdasarkan hasil aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus I skor minat belajar siswa 56,08% dan meningkat pada siklus II dengan skor nilai minat belajar siswa menjadi 80,47% dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren dinyatakan berhasil.

Published

2023-04-04

How to Cite

Zalviardi, S., Nazurty, N., & Haryanto, E. (2023). Penggunaan Media Magic Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2678-2684. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1884