Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Vlog di Sekolah Dasar

Authors

  • Erpin Rahayu Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Irwan Akib Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Rukli Rukli Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Ilham S Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1887

Abstract

Pembelajaran matematika pada sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang diperoleh siswa yang masih rendah. Kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan pengaruh pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) yang didukung oleh media pembelajaran interaktif Vlog terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V. B pada SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pretest rata-rata 73,97 sedangkan hasil belajar postest mencapai rata-rata 80,74 Ini artinya terjadi peningkatan memiliki hasil belajar Matematika siswa di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar, Sedangkan hasil uji paired sample t test diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi pendekatan STEM berbantuan media pembelajaran interaktif Vlog berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa di SDN Unggulan Mongisidi 1 Makassar.

Published

2023-04-04

How to Cite

Rahayu, E., Akib, I., Rukli, R., & S, M. I. (2023). Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Vlog di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2648-2654. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1887