Pengaruh Modal Psikologis dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional

Authors

  • Amiluddin Amiluddin Program Pasca Sarjana Universitas STIKUBANK Semarang
  • Mohammad Fauzan Program Pasca Sarjana Universitas STIKUBANK Semarang
  • Mohammad Fauzan Program Pasca Sarjana Universitas STIKUBANK Semarang

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.203

Abstract

Penelitian ini untuk meneliti pengaruh modal psikologis dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dimoderasi gaya kepemimpinan  transformasional pada SMK Negeri di Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana pengaruh modal psikologis dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru dimoderasi gaya kepemimpinan transformasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK Negeri di Kabupaten Pemalang yang berjumlah 133 orang. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Moderation Regression Analisys (MRA) tipe quasi moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal psikologis tidak
berpengaruh terhadap kinerja guru. Komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh terhadap modal psikologis dengan kinerja guru. Gaya kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh terhadap komitmen organisasional dengan kinerja guru

Published

2021-01-18

How to Cite

Amiluddin, A., Fauzan, M., & Fauzan, M. (2021). Pengaruh Modal Psikologis dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 45-54. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.203