Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Authors

  • Linda Suprihatin Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Denok Sunarsi Universitas Pamulang, Tanggerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.207

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah seberapa besar pengaruh kepemimpinan transaksional dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan subjek penelitian pegawai Pusdiklat Kemendikbud yang berjumlah 60 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bersifat meneliti hubungan antara variabel-variabel yang diteliti, sehingga akan diketahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegwai di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud melalui pengujian hipotesis yang diajukan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5% dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap kinerja pegawai; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan transaksional dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai; (4) Nilai kontribusi variabel kepemimpinan transaksional dengan kinerja pegawai berkontribusi sebesar 25,20; variabel lingkungan kerja dengan kinerja\ pegawai berkontribusi sebesar 32,04%; variabel kepemimpinan transaksional dan lingkungan kerja secara bersama berkontribusi 36, 12%.

Published

2021-01-19

How to Cite

Suprihatin, L., & Sunarsi, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 78-86. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.207