Implementasi Model SIUUL dalam Pengembangan Kosa Kata Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bernyanyi

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2107

Abstract

Melalui kegiatan bernyanyi anak dapat mengembangkan kemampuan kosa kata dan berani untuk berbicara ditempat umum. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasinya adalah anak usia 4-5 tahun, yang berjumlah 12 anak di kelompok B TK Al Fajar Kota Bekasi. Yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata pada anak usia dini melalui metode bernyanyi. Maka diperoleh hasil dari teknik pengumpulan data yaitu, pra siklus 40% atau 8 anak, siklus 1 diperoleh 58% atau sama dengan 10 anak, dan siklus 2 diperoleh hasil 83% atau 12 anak. Dengan demikian, dari hasil analisa tersebut diketahui bahwa dengan kegiatan bernyanyi anak dapat meningkatkan kemampuan kosa kata.

Published

2023-06-01

How to Cite

Implementasi Model SIUUL dalam Pengembangan Kosa Kata Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bernyanyi. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3877-3884. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2107