Peran TV Sekolah Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini

Authors

  • Usup Usup Universitas Pancasakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Pancasakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2108

Abstract

Kajian ini mendeskripsikan tentang peran TV Sekolah meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah artikel dan dokumen hasil penelitian yang mengidentifikasi pemanfaatan TV Sekolah sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa di Lembaga PAUD. Metode dari penelitian ini adalah literature review rujukan beberapa artikel jurnal dengan jangka waktu 5 tahun terakhir. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa TV Sekolah merupakan media pembelajaran efektif bagi anak usia dini untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini. Berdasarkan telaah Pustaka, konten pembelajaran dan fitur-fitur yang dimiliki TV Sekolah efektif meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini. Kecakapan berbahasa dapat distimulasi melalui penayangan video pembelajaran yang dibuat pendidik, anak menjadi antusias menjawab pertanyaan, menyimak cerita, memahami perintah sederhana, mengakomodir kreativitas dan keterampilan berbicara/bercerita anak. Keterlibatan pendidik dan orang tua juga sangat penting.

Published

2023-06-01

How to Cite

Usup, U., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 892-3896. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2108