Peningkatan Keterampilan Mengajar dalam Memberikan Penguatan bagi Mahasiswa S2 PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi melalui Implementasi Model ASYIK di PAUD

Authors

  • Esta Rahma Cahyani Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Wira Tata Raya Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Anggraini Anggraini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2109

Abstract

Keterampilan mengajar dalam memberi penguatan di PAUD bagi Mahasiswa S2 PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi pada self assessment survey yang telah dilakukan diperoleh bahwa mahasiswa yang berprofesi sebagai guru PAUD tersebut belum memiliki kriteria sangat baik dalam mengelola pembelajaran pada kriteria kemampuan memberikan penguatan yaitu mengkondisikan perhatian peserta didik, menjaga motivasi belajar peserta didik membina perilaku yang produktif dari peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam memberikan penguatan di PAUD bagi mahasiswa S2 PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi melalui Implementasi Model ASYIK. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian sebanyak 5 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan melalui implementasi model ASYIK dapat meningkatkan kemampuan mengajar memberikan penguatan di PAUD dengan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 75,44 % pada kategori Baik (B) dan pada siklus 2 sebesar 80, 29 % pada kategori sangat baik (SB).

Published

2023-06-01

How to Cite

Cahyani, E. R., Raya, W. T., Anggraini, A., & Watini, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Mengajar dalam Memberikan Penguatan bagi Mahasiswa S2 PAUD Universitas Panca Sakti Bekasi melalui Implementasi Model ASYIK di PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3897-3903. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2109