Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2114Abstract
Artikel ini mengkaji tentang kemampuan pemecahan masalah matematis yang menjadi salah satu tujuan dalam pembelajaran disekolah. Diantaranya melatik cara berpikir peserta didik dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode literasi. Salah satunya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif. Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang menggunakan masalah nyata (autentik) yang tidak terstruktur dan bersifat terbuka sebagai konteks bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah dan berfikir kritis serta sekaligus membangun pengetahuan baru. Sedangkan strategi konflik kognitif merupakan salah satu dari strategi pengajaran utama yang berdasarkan pada konstruktivisme yang menekankan peserta didik dapat memanfaatkan kemampuan kognitifnya dalam membuat keputusan yang tepat.