Implementasi Model “ASYIK” dalam Mengembangkan Semangat Belajar Anak Usia Dini pada RA Puspa Pertiwi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2118Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan dasar utama pengembangan pribadi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak usia dini dengan menggunakan metode bermain “ASYIK” yang berupa reward dan yel-yel pada anak kelompok B RA PUSPA PERTIWI Kec. Cipayung, Jakarta Timur. Selain itu, Alasan dengan adanya implementasi model bermain “ASYIK” pada RA PUSPA PERTIWI ini penulis ingin memberikan motivasi kepada anak-anak usia dini untuk bisa melakukan kegiatan secara mandiri dan percaya diri. Model Bermain “ASYIK” terutama reward “ASYIK” adalah inovasi model pembelajaran baru yang dikembangkan oleh Watini yang telah memiliki hak paten karya cipta berupa kata motivasi. Dan Model bermain “ASYIK” pada peserta didik usia 5-6 tahun di RA. PUSPA PERTIWI Kec. Cipayung, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kulaitatif, Temuan dari adanya hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa impementasi model bermain “ASYIK” pada RA PUSPA PERTIWI mengalami peningkatan minat belajar dan konsentrasi pada anak dalam menerima pelajaran di kelas.