Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kemampuan Menggambar Jari Tangan di TK Kids Holistik-Manokwari

Authors

  • Lilis Dewi Sartika Sianturi Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Erlina Purnama Sari Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Ni Putu Dessy Ari Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2124

Abstract

Kreativitas menggambar pada anak usia dini perlu di kembangkan oleh guru pengajar secara khusus pada tingkat usia 5-6 tahun yang biada disebut dengan kelompok belajar kelas B. Hal ini bertujuan agar anak lebih percaya diri dalam menuangkan ide, gagasan maupun imajinasi anak saat bermain. Tujuan penelitian implementasi model ATIK agar anak dapat lebih percaya diri dalam menggambar dan memudahkan anak untuk menuangka ide, gagasan dari hasil pengamatan anak itu sendiri, memudahkan guru dalam teknik pelaksanaannya dimana dengan komponen model ATIK guru lebih terstruktur dalam penyajiannya. Penelitian ini menggunakan metode kwantitatif dimana guru dan siswa menjadi objek penelitian sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan main belajar anak. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa model ATIK sangat bermanfaat meningkatkan kemampuan anak untuk menggambar jari tangan di TK Kids Holistik Manokwari, dimana anak-anak mulai mengerjakan secara mandiri karena guru terlebih dahulu memberi kesempatan kepada anak untuk mengamati objeknya, baik bentuk, warna, tekstur dan lain sebagainya. Pada dasarnya model ATIK menolong anak untuk lebih percaya diri dan tidak mengalami kebingungan saat menggambar.

Published

2023-06-02

How to Cite

Sianturi, L. D. S., Sari, E. P., Susanti, N. P. D. A., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kemampuan Menggambar Jari Tangan di TK Kids Holistik-Manokwari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4004-4011. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2124