Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Wana Syuryana SD Negeri Bukit Pangkuasan Kecamatan Batanghari Leko, Kabupaten Muba, Indonesia
  • Bukman Lian Prodi Manajemen Pendidikan, PPs Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Muhammad Juliansyah Prodi Manajemen Pendidikan, PPs Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2125

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja mengajar guru di Sekolah Dasar di Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten Musi Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 tenaga pendidik. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka ukuran sampel pada penilitian ini adalah 62,1 atau dibulatkan menjadi 62 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Analisis Deskriptif Data, Analisis Uji-t, Analisis Uji-F, Analisis Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan atau bersama-sama terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 13,316 > Ftabel 2,80, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha3 diterima yang berarti ada pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja mengajar guru SD Negeri di Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten Musi Banyuasin.

Published

2023-06-02

How to Cite

Syuryana, W., Lian, B., & Juliansyah, M. (2023). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4012-4020. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2125