Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur

Authors

  • Dadan Amdani Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Novaliyosi Novaliyosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2145

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam kesiapan peserta didik terhadap hasil belajar pada implementasi kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview seluruh artikel terkait hasil belajar yang diterbitkan sampai dengan tahun 2022. Artikel yang digunakan dalam penelitian ditemukan dan setelah diseleksi yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis terakreditasi nasional. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa kurikulum Merdeka belajar merupakan kebebasan didalam menentukan cara berperilaku, berprose, berfikir, berlaku kreatif guna pengembangan diri setiap individu dengan menentukan nasib dirinya sendiri. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran kejuruan ditandai dengan terlaksananya proses pembelajaran yang mana guru menjadi fasilitator dan mediator serta motivator bagi siswa agar mereka semangat dalam belajar.

Published

2023-06-02

How to Cite

Amdani, D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126-4131. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2145