Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Faktor Demografi

Authors

  • Sunandie Eko Ginanjar STIA Bagasasi, Indonesia
  • Laili Nur Kholisoh Madrasah Aliyah Al Wathoniyah 43, Indonesia
  • Sutinah Sutinah SD Negeri Sindangsari Cimahi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2147

Abstract

Intrumen pembelajaran memiliki tiga aspek utama dalam penilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotor yang menjadi indikator capaian pembelajaran siswa, hal tersebut berimbas pada dampak kemandirian siswa yang meningkat atau menurun sesuai kecocokan skenario yang dibuat oleh guru. Penelitian ini memfokuskan pada analsis kemandirian akan dampak dari intrumen pembelajaran yang digunakan guru dengan tujuan mengukur tingkat keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sesuai skenario, atau skenario yang tidak sesuai dengan potensi dan kemampuan siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian Kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, penyebaran angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan kemandirian perilaku dari siswa laki-laki lebih besar dibandingkan dengan siswa perempuan, hasil kemandirian nilai siswa perempuan lebih besar dibanding siswa laki-laki. Hasil kemandirian emosi siswa perempuan lebih besar dibanding siswa laki-laki.

Published

2023-06-02

How to Cite

Ginanjar, S. E., Kholisoh, L. N., & Sutinah, S. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Faktor Demografi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4155-4160. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2147