Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Kurikulum 2013 PAUD Melalui Workshop dan Supervisi Akademik di TK Negeri Pembina Arut Selatan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2148Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru TK Negeri Pembina Arut Selatan dalam menyusun dan mengembangkan RPPH Kurikulum 2013 yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak dapat di tingkatkan melalui kegiatan Workshop dan Supervisi Akademik. PTS ini dilakukan dalam dua siklus dengan subjek guru berjumlah 8 (delapan) orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan instrumen, dengan memperhatikan rambu-rambu dalam penyusunan RPPH yang sesuai dengan pembelajaran pada anak usia dini dan mengacu pada muatan K13 yang dirumuskan dalam KTSP dokumen 1 yaitu pemetaan materi, program pengembangan dan kompetensi dasar kemudian di tuangkan kedalam Prosem, RPPM, RPPH dan Rencana penilaian. Sebelum dilakukan penelitian kemampuan guru-guru dalam menyusun RPPH K13 perolehan data awal rata-rata sebesar 37,5%, terjadi peningkatan pada Siklus 1 persentase kompetensi guru menjadi 75%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 100%. Ditinjau dari persentase keberhasilan guru dalam penyusunan RPPH K13, pada akhir penelitian mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Kemampuan guru-guru meningkat pada siklus II dengan klasifikasi baik.