Penerapan Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 14/I Sungai Baung

Authors

  • Ardi Nur Hanafi Universitas Jambi, Indonesia
  • Tiara Maharani Universitas Jambi, Indonesia
  • Argi Eko Siswanto Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2151

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kualitas sumber daya manusia (SDM) perbengaruh besar pada pembangunan nasional diberbagai bidang dan aspek seperti bidang politik, bidang sosial, bidang budaya, dan yang sangat utama adalah bidang ekonomi serta banyak aspek-aspek dan bidang-bidang lainnya. Oleh karena itu, mutu pendidikan harus ditingkatkan dengan berbagai cara. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang ada pemerintah telah mengeluarkan peraturan undang-undang yaitu Peraturan RI nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dan upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengimplementasikan peraturan undang-undang tersebut agar meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan cara meningkatkan kualitas manajemen kurikulum. Manajemen kurikulum sangat berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan yang ada. Pada penelitian kali ini, peneliti meneliti manajemen kurikulum yang ada di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian di SDN 14/I Sungai Baung ini ingin membuktikan apakah benar manajemen kurikulum sangat berpengaruh pada mutu pendidikan. Penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara serta mencari teori melalui penelitian sebelumnya yang menjadi pembanding apakah sesuai atau tidak.

Published

2023-06-03

How to Cite

Hanafi, A. N., Maharani, T., Siswanto, A. E., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Penerapan Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 14/I Sungai Baung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4202-4209. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2151