Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas di SDN 34/I Teratai
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2195Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan cara guru menyediakan dan menggunakan fasilitas proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data yang ditawarkan mile dan huberman yang terdiri dari Pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat didiskripsikan bahwa guru SDN 34/I Teratai berperan dalam beberapa tahap dalam pengelolaan kelas serta berperan juga pada saat proses pembelajaran dikelas. Guru berperan dalam beberapa tahap dalam pengelolaan kelas yang petama pada saat pengaturan fasilitas kelas, yaitu pengaturan tempat duduk, alat-alat pengajaran, keindahan serta kebersihan ruangan keals dan ventilasi dan pengaturan cahaya. Selanjutnya pada saat proses pembelajaran ada beberapa poin yang dilihat yaitu pemberian motivasi, menyiapkan bahan ajar dan pemilihan materi, dan evaluasi pada pembelajaran.