Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Termodinamika Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan kurikulum pembelajaran pada abad 21, kebutuhan Guru, kebutuhan peserta didik dan kebutuhan pada kompetensi dasar materi Termodinamika dalam pengembangan desain pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilakukan di SMA Tri Dharma Palembang Tahun Pelajaran 2022-2023 sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi, dokumentasi dan pedoman wawancara. Pedoman hasil pengamatan menggunakan teknik wawancara dan angket yang di analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data analisis kebutuhan berdasarkan tuntutan kurikulum pembelajaran abad 21, kebutuhan guru, kebutuhan peserta didik dan kebutuhan kompetensi dasar dari materi Termodinamika yang di dapatkan dari dokumentasi pengumpulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Teknik wawancana kepada guru dan peserta didik. Hasil pengamatan menemukan bahwa: (1) Tuntutan kurikulum pembelajaran abad 21 dengan keterampilan 4C yaitu kreativitas (creativity), berpikir kritis (critical thinking), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) belum sepenuhnya diterapkan. (2) Guru masih kesulitan dalam mengembangkan desain pembelajaran berbasis project pada materi Termodinamika. (3) Peserta didik hanya mempelajari teori saja sehingga sulit mengembangkan kreativitas pada saat pembelajaran materi termodinamika. (4) Kebutuhan kompetensi dasar pada materi termodinamika yaitu membuat karya atau model dan menerapkan Hukum Termodinamika. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut solusi yang diberikan perlunya dikembangkan desain pembelajaran termodinamika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.

Published

2023-06-08

How to Cite

Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Termodinamika Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4467-4471. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2197