Analisis Buckling pada Sayap Pesawat Hawk 200 Buatan Inggris
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2260Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisa apakah buckling yang terjadi pada sayap diakibatkan oleh maneuver pada saat dive bombing atau oleh sebab lainnya. Dari hasil perhitungan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perhitungan teoritik dapat digunakan untuk menganalisis tegangan kritis pada struktur sayap akibat beban tekan. Hal ini terlihat dari hasil FS nya. Untuk kasus beban buckling pada struktur sayap bagian atas yaitu daerah rib 4-6 didapat FS = 2,001 (untuk rib 4) dan 4,178 (untuk rib 6). Hal ini menunjukkan bahwa kulit struktur sayap bagian atas masih kuat untuk menahan beban tekan yang terjadi pada saat pesawat melakukan maneuver dive bombing. Untuk kasus beban buckling pada pelat dengan stringer didapat FS = 3,74 (daerah yang jauh dari lubang) dan FS = 3,06 (daerah yang dekat dengan lubang). Hal ini menunjukkan bahwa stringer masih kuat untuk menahan beban tekan yang terjadi pada saat pesawat melakukan maneuver dive bombing. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya buckling pada permukaan sayap bagian atas pesawat Hawk 200 bukan karena maneuver yang dilakukan pesawat saat dive bombing.