Analisa Menentukan Interval Overhaul dan Inspeksi Serta Menentukan Keandalan dan Ketersediaan Engine Pesawat Lockheed Martin C-130 Hercules

Authors

  • Anton Mobilala Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Indonesia
  • Subiyantoro Subiyantoro Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Indonesia
  • Hardiman Hardiman Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2261

Abstract

Pesawat C-130 adalah pesawat terbang bermesin empat turboprop sayap tinggi (high wing) yang merupakan pemberian Negara Amerika Serikat sebagai penukar tawanan pilot CIA Allen Pope. Lockheed Martin C-130 Hercules salah satu alat utama sistem senjata yang memiliki peranan penting dalam mendukung pelaksanaan tugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan angkut militer. Dari hasil analisa terhadap komponen-komponen kritis engine pesawat C-130 Hercules, dapat diketahui bahwa 70,4 % komponen memiliki distribusi waktu antar kerusakan Weibull dan 29,6 % komponen memiliki distribusi kerusakan Eksponensial. Hal ini membuktikan bahwa sebagian besar komponen engine pesawat C-130 Hercules berada pada masa wear-out region dengan laju kerusakan yang meningkat (Increasing Failure Rate/IFR). Penerapan interval pemeriksaan/inspeksi hasil perbaikan dapat meningkat keandalan sistem diakhir kegiatan inspeksi dari 0,75245 menjadi 0,95155 atau meningkat sebesar 26,460 %, dan meningkatan ketersediaan sistem dari 0,78601 menjadi 0,92361 atau meningkat sebesar 17,507%. Penerapan interval pemeriksaan/inspeksi dalam satu interval overhaul dapat meningkatkan keandalan tiap-tiap komponen diakhir interval overhaul dan selanjutnya meningkatkan keandalan sistem engine pesawat C-130 Hercules diakhir interval overhaul dari 0,63478 menjadi 0,93160 atau meningkat sebesar 47,104 %.

Published

2023-06-12

How to Cite

Mobilala, A., Subiyantoro, S., & Hardiman, H. (2023). Analisa Menentukan Interval Overhaul dan Inspeksi Serta Menentukan Keandalan dan Ketersediaan Engine Pesawat Lockheed Martin C-130 Hercules. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4502-4506. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2261