Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah, Strategi Manajemen Pendidikan, Sarana dan Prasarana Lembaga terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Taman Kanak Kanak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2262Abstract
Peneliti mengambil judul Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Taman Kanak Kanak, Manajemen Strategi Pendidikan, sarana dan Prasarana lembaga terhadap kinerja tenaga pendidik Taman Kanak kanak. Penelitian ini menggunakan Metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil kajian dari pengujian pada variabel Kinerja Guru (Y): Variabel endogen, pola kepemimpinan kepala TK (X1): variabel eksogen pertama, manajemen strategi pendidika (X2): Variabel eksogen kedua, dan sarana dan prasarana (X3): Variabel eksogen ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kepemimpinan kepala TK memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja guru, dengan nilai signifikansi yang diperoleh (p<0,05). Strategi manajemen pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh (p<0,05). Sarana dan prasarana memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh (p<0,05). Dinyataakan bahwa ketiga faktor yang diuji memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di TK. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh (p<0,05) dan besarnya nilai koefisien determinasi (R2 = 0,78). Pola kepemimpinan kepala TK yang baik, manajemen strategi pendidikan yang efektif, dan sarana dan prasarana yang memadai dapat meningkatkan kinerja guru di dalam kelas.