Pengembangan/Modifikasi Model Keterampilan Dasar Mengajar PAUD Berbasis Multipel Inteligen
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2273Abstract
Setiap orang memiliki kemampuan, karakteristik, dan kecerdasan yang berbeda. Untuk mengembangkan kecerdasan pada seseorang tentu harus dimulai sejak dini. Pengidentifikasian kecerdasan anak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, salah satunya dengan mengidentifikasi terhadap tindakan, perilaku, kepekaan seorang anak serta reaksinya terhadap hal yang terjadi di lingkungannya. Menggali kecerdasan anak dapat dilakukan oleh guru di sekolah dan juga dapat dibantu dengan orang tua di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan memodifikasi model keterampilan dasar mengajar berbasis multipen inteligen atau kecerdasan jamak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis multipel inteligen praktis dan efektif untuk diberikan kepada anak berdasarkan observasi yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran. Observasi dilakukan pada pengajar ketika memberikan pembelajaran berbasis multipel inteligen, respon anak ketika menerima pembelajaran, dan merespon kegiatan yang diberikan oleh pengajar.