Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2328Abstract
Masalah pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang yang dilakukan oleh guru yang belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, dikarenakan sarana dan prasarana kelas 2B yang kurang lengkap seperti LCD dan proyektor yang belum ada di kelas. Pada saat peneliti melakukan observasi guru kelas melakukan pembelajaran dengan metode ceramah, demonstrasi dan penugasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas 2B pada pembelajaran setelah penerapan model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SDN Pandeanlamper. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian yaitu 26 peserta didik kelas 2B SDN Pandeanlamper 01 Semarang yang terdiri dari 12 perempuan dan 14 laki-laki. Dengan pengambilan data meliputi dokumen dan soal evaluasi selama 2 siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menunjukkan peningkatan. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SDN Pandeanlamper dapat meningkat pada pembelajaran tematik di SDN Pandeanlamper 01 Semarang.