Survey Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri di SMA

Authors

  • Mahmudah Nur Cahyaningrum Universitas Pendidikan Indoneisa
  • Diana Rochintaniawati Universitas Pendidikan Indoneisa
  • Kusnadi Kusnadi Universitas Pendidikan Indoneisa

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2393

Abstract

Biologi berkaitan dengan cara menggali informasi mengenai alam secara terstruktur sehingga belajar biologi berkaitan dengan proses penemuan. Pembelajaran bioogi disekolah hendaknya mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor agar siswa dapat membekali diri menghadapi era pengetahuan abad 21. Inkuiri sebagai dasarnya biologi dapat digunakan untuk mengeksplorasi kecakapan abad 21. Seiring dengan kemajuan teknologi maka pelaksanaan inkuiri juga dapat melibatkan penggunaan gadget. Alat digital dapat digunakan untuk membantu pelaksaan inkuiri. Penelitian dilakukan melalui survey terhadap siswa SMA dan wawancara semi terstruktur tentang pelaksanaan inkuiri disekolah. Hasil survey dan wawancara dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan inkuiri di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan inkuiri disekolah identic dengan kegiatan praktikum.  Inkuri disekolah sudah berjalan dengan baik, siswa merasa senang ketika belajar dengan inkuiri namun belum memaksimalkan penggunaan gadget yang dimiliki siswa. Inovasi inkuiri dapat dilakukan dengan mengintegrasikan dan memaksimalkan potensi gadget yang dimiliki siswa dan pengetahuan guru tentang teknologi.

Published

2023-11-02

How to Cite

Cahyaningrum, M. N., Rochintaniawati, D. ., & Kusnadi, K. (2023). Survey Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri di SMA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9134-9142. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2393