Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Karakter Islami Siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram

Authors

  • Saimun Saimun Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2423

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi guru dan orang tua untuk meningkatkan karakter Islami siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kepustakaan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan survei. Analisis data dilakukan secara alami menggambarkan data lapangan dalam bentuk cerita kualitatif tanpa mengukur pengamatan dalam bentuk angka menggunakan statistik tertentu. Teknik observasi dan wawancara memberikan informasi tentang orang utama yang bertanggung jawab dalam pengasuhan, sedangkan teknik wawancara memberikan informasi tentang beberapa syarat yang harus dimiliki oleh orang tua dalam pengasuhan, beberapa orang penting diinternalisasi. melalui pola asuh anak usia dini serta metode dan strategi membentuk sifat karakter islami anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) strategi pembelajaran pendidikan agama islam bagi guru dan orang tua dalam meningkatkan kualitas karakter islami diantaranya keteladanan, pengajaran langsung, pujian, bujukan, pembiasaan baik, dan hafalan di lingkungan sekolah, keluarga, dan lingkungan dalam bentuk kegiatan pembelajaran mandiri, terpadu, dan holistik; (2) beberapa karakter Islami yang penting ditanamkan kepada anak usia TK diantaranya pendidikan tauhid keimanan, pengamalan ibadah dan budaya adab, akhlaq mulia, dan belajar Al-Qur’an.

Published

2023-06-18

How to Cite

Saimun, S. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Karakter Islami Siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4518-4524. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2423