Urgensi Filosofi Dasar-dasar Indonesia Merdeka dalam Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Ronaldo Zai Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Nurlatifa Nurlatifa Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Samsuri Samsuri Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Suyato Suyato Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.2425

Abstract

Filosofi dasar-dasar Indonesia merdeka merupakan sebuah dasar negara Indonesia yang terdiri atas Pancasila di peras menjadi Trisila hingga pada tahap aktualisasinya yaitu Ekasila atau Gotong-royong yang kemudian berkaitan dengan Pendidikan kewarganegaraan yang merupakan sebagai salah satu jalan untuk menjalankan cita-cita dasar negara Indonesia yang diinginkan para pendahulu bangsa. Tujuan dari penelitian ini agar dapat mengetahui urgensi dari filosofi dasar-dasar Indonesia merdeka dalam Pendidikan kewarganegaraan yang dapat menjadi acuan untuk mensosialisasikan nilai-nilai yang terkandung pada dasar negara. Pendekatan pada penelitian ini dilakukan dengan kualitatif dengan mengambil sumber data yaitu Jurnal, Buku atau yang biasa disebut bahan cetak (Kepustakaan). Hasil penelitian yang didapati ialah bahwa filosofi dasar-dasar Indonesia merdeka memiliki keterkaitan dengan Pendidikan kewarganegaraan karena materinya membahas tentang demokrasi, Nasionalisme, hak dan kewajiban hingga pada warga negara yang cakupannya secara global. Artinya, Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu jalan yang harus dipandang untuk menjadi jalan dalam menjalankan bahkan merawat dasar-dasar negara yang sedari awal menjadi pemacu Indonesia untuk merdeka bahkan menjadi dasar untuk Indonesia yang lebih maju dan dapat bersaing di dunia internasional.

Published

2024-03-20

How to Cite

Zai, R. ., Nurlatifa , N. ., Samsuri, S., & Suyato, S. (2024). Urgensi Filosofi Dasar-dasar Indonesia Merdeka dalam Pendidikan Kewarganegaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3403-3408. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.2425