Pengembangan Modul SAINS IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2451Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembankan bahan ajar berupa Modul SAINS IPA terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk siswa sekolah Dasar yang berdasarkan empat aspek penilaian yaitu kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kegrafikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan Model Pengembangan 4D (Definition, Design, Development, dan Dissemination) yaitu hasil modifikasi dari Thiagarajan, S. dan Semmel. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa: data analisis kebutuhan, data hasil validasi oleh ahli, praktisi, dan peer review, data uji skala kecil, dan data dari uji skala besar. Data yang didapatkan dalam uji besar antara lain: hasil kelayakan modul IPA berbasis integrasi islam dan sains oleh dosen ahli dan guru sekolah Dasar. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil penilaian ahli dosen dan guru sekolah Dasar rata-rata 3,8 dengan Kategori baik, respon siswa pada aspek penerapan modul sains IPA dan memperoleh persentase 98% dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85% sehingga modul sains IPA terintergasi nilai-nilai keislaman untuk siswa sekolah Dasar layak digunakan dalam proses pembelajaran.