Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2510Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pendekatan saintifik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SD Negeri No. 060913 Medan Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri No. 060913 Jl. Pertiwi, No. 15, Kel. Bantan, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun fokus penelitian ini membahas tentang pendekatan saintifik yang dilakukan pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia dan metode pengajaran guru serta respon peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan saintifik dengan berfokus pada serangkaian aktivitas pada saat proses pembelajaran berlangsung antara guru dan siswa seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Adapun atas pendekatan tersebut menghasilkan respon peserta didik yang sangat baik baik sehingga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena peserta didik kelas V dinilai mampu lebih cepat memahami materi yang diajarkan. Sangat penting untuk dapat ditemukan bagaimana inovasi pendekatan yang dapat dilakukan untuk pengajaran Bahasa Indonesia.