Analisis Kinerja dengan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2523Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja tingkat pendidikan secara komprehensif dengan menggunakan Balanced Scorecard. Metode ini menggabungkan indikator keuangan dan lainnya kedalam empat perspektif yaitu; keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif, dimana Peneliti mengumpulkan, menyusun, menganalisis, dan kemudian meringkas data keuangan dan non keuangan. Hasil menunjukkan bahwa; 1) dari sudut keuangan, nilai uang (ekonomis, efektif, efisien) mendapatkan skor 80% dengan kategori baik, 2) dari sudut pelanggan, menggunakan lima dimensi (tangibility, reliability, responsiveness, assurance, empaty) mendapatkan skor 90% dengan kategori sangat baik, 3) dilihat dari sudut pandang proses bisnis internal, hasil pengukuran dapat ditunjukkan dari aspek inovasi, aspek operasional, dan layanan alumni telah menunjukkan hasil skor 94% dengan kategori sangat baik, 4) berdasarkan perspektif pembelajran dan pertumbuhan, meliputi tiga indikator yaitu rentang kepuasan, kemampuan system informasi dengan iklim organisasi yang berbeda diperoleh skor 80% dengan kategori baik.