Hubungan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Prestasi Belajar Peserta Didik

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2524

Abstract

Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran sebagai proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Oleh karena itu mind mapping dapat di terapkan dalam berbagai aspek pendidikan sebagai suatu metode. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui mind mapping dalam dunia pendidikan serta mengetahui hubungan mind mapping dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode literature review, data yang diteliti adalah jurnal-jurnal yang telah diterbitkan dalam jurnal internasional diantaranya dari Google Scholar, Taylor & Francis, dan Elsevier. Data yang diperoleh diteliti dengan pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan analisis isi. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa adaptasi mind mapping dapat diterapkan melalui tradisional maupun teknologi aplikasi animasi. Mind mapping dalam segi pendidikan dan manfaat dalam dunia pendidikan sebagai penunjang kreatifitas, inovatif dan keefektifan dalam meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif afektif dan psikomotor.

Published

2023-11-04

How to Cite

Hubungan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9366-9374. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2524