Implementasi Reward Asyik dalam Pembelajaran Kognitif Sains di TK Rismaba Cikarang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2590Abstract
Kemampuan kognitif sangat diperlukan oleh anak dalam rangka mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang dia lihat, dengar, dan rasakan, sehingga anak memiliki pemahaman yang utuh. Melakukan kegiatan yang mengandung stimulus akan memberi kesempatan anak usia dini mengalami kematangan dalam kemampuan kognitif. Penggunaan dukungan pada anak menggunakan Reward ASYIK dalam kegiatan pembelajaran sains melalui eksperimen menjadi langkah strategis meningkatkan semangat pada anak usia dini. Penelitian yang dilakukan di TK Rismaba Cikarang diharapkan anak menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan belajar mengajar, dapat mengontrol perubahan tingkah laku peserta didik dengan penguatan, serta membuat anak lebih fokus, yang mana sebelumnya tidak setiap kegiatan anak dapat mengikutinya dengan semangat yang tinggi. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Objek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Rismaba Cikarang. Ketika anak dapat mengikuti setiap langkah kegiatan maka anak diberikan Reward ASYIK berupa kata-kata “Aku Bisa, Aku Hebat, Aku Berhasil. Yes!!!” oleh pendidik bersama teman lainnya. Dari hasil pengamatan, pemberian Reward ASYIK membuat anak antusias dalam kegiatan pembelajaran, sangat menyenangkan bagi anak, dan dapat meningkatkan minat belajar anak di lembaga TK Rismaba Cikarang.