Pengembangan E-Book Berbantuan Heyzine pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2591Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-Book dengan berbantuan Heyzine untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan produk. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa hasil dari validasi ini memperoleh skor rata-rata 83,33% yang termasuk kriteria “sangat layak”. Validasi juga dilakukan oleh siswa dalam uji coba skala kecil dan skala besar. Skala kecil mendapatkan skor 91,67% dengan kategori “sangat layak”, skala besar mendapatkan skor 92,90% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tes menunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 67,95% dengan kategori “cukup efektif” sedangkan pada kelas control memperoleh 48,36% dengan kategori “kurang efektif” pada kedua kelas ini terdapat perbedaan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa produk E-Book berbantuan Heyzine pada materi sistem pencernaan manusia dapat meningkat hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran.