Pemblajaran Keterampilan Gantungan Kunci Makrame pada Anak Tungrahita Ringan Kelas X di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2596Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pembelajaran keterampilan gantungan kunci makrame pada anak tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi dengan subjek penelitian berjumlah tiga siswa tunagrahita ringan kelas X dan guru kelas X sebagai sasaran wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun program tahunan, program semester, dan modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill dan demonstrasi, dengan guru memberikan pengenalan alat dan bahan serta mengajar tahapan pembuatan gantungan kunci makrame. Evaluasi dilakukan melalui penilaian objektif terhadap kemampuan siswa dalam mengenal alat dan bahan, membuat simpul pembalut, dan membuat gantungan kunci sesuai prosedur yang diajarkan. Ditemukan bahwa terdapat siswa yang kesulitan dalam membuat gantungan kunci makrame dikarenakan beberapa faktor, yaitu kesulitan dalam melilitkan benang dan lupa langkah selanjutnya, namun ada dua siswa yang mampu membuat gantungan kunci makrame dengan baik karena dapat melilitkan benang dengan rapi dan memahami langkah-langkah pembuatan gantungan kunci makrame, kendala yang ditemui adalah pada mulanya siswa banyak yang terlupa pada langkah yang harus diambil siswa selanjutnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan gantungan kunci makrame dapat dikembangkan secara efektif bagi anak tunagrahita ringan dengan menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik mereka dan dilakukan secara berulang-ulang.