Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Materi Gaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2597Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi validitas, praktisitas, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media flashcard berbasis AR. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D), dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan pengembangan meliputi analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Data tersebut berasal dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli pengguna guru, dan siswa. Validasi ahli media mencapai 90%, dengan kriteria "sangat valid"; validasi ahli materi mencapai 90%, dengan kriteria "sangat valid"; dan validasi ahli bahasa mencapai 87,5%, dengan kriteria "sangat valid". Di kelas IV SDN Sawentar 02 Kanigoro Kabupaten Blitar, yang terdiri dari 25 siswa, hasil ahli pengguna guru menunjukkan nilai 100%. Hasil validasi ahli pengguna (guru) menerima skor seratus persen dengan kriteria "sangat praktis". Sementara hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis, hasil pre-test menunjukkan hasil “rendah” dan hasil post-test menunjukkan hasil “tinggi”. Dapat diartikan bahwa pengembangan media flashcard berbasis augmented reality untuk materi gaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Sawentar 02 Kanigoro Kabupaten Blitar.